Tahap Perkembangan Psikologi Anak

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 15 Juni 2013


 1. TRUST vs MISTRUST (dari sejak lahir-1 tahun) 
Sikap dasar psikososial yang dipelajari oleh bayi, bahwa mereka dapat mempercayai lingkungannya. Timbulnya trust (percaya) dibantu oleh adanya pengalaman yang terus-menerus, berkesinambungan, adanya pengalaman yang ada kesamaannya dengan ‘trust’ dalam pemenuhan kebutuhan dasar bayi oleh orang tuanya. Apabila anak terpenuhi kebutuhan dasarnya dan apabila orang tuanya memberikan kasih sayang dengan tulus, anak ajan berpendapat bahwa dunianya (lingkungannya) dapat dipercaya atau diandalkan. Sebaliknya apabila pengasuhan yang diberikan orang tua kepada anaknya tidak memberikan/memenuhi kebutuhan dasar yang diperlukan, tidak konsisten atau sifatnya negatif, anak akan cemas dan mencurigai lingkungannya


2. AUTONOMY vs SHAME and DOUBT (antara 2-3 tahun)
Segera setelah anak belajar ‘trust’ atau ‘mistrust’ terhadap orang tuanya, anak akan mencapai suatu derajat kemandirian tertentu. Apabila ‘toddler’ (1,6-3 tahun) mendapat kesempatan dan memperoleh dorongan untuk melakukan yang diinginkan anak dan sesuai dengan tempo dan caranya sendiri, tetapi dengan supervisi orang tua dan guru yang bijaksana, maka anak akan mengembangkan kesadaran autonomy. Tetapi apabila orang tua dan guru tidak sabar dan terlalu banyak melarang anak yang berusia 2-3 tahun, maka akan menimbulkan sikap ragu-ragu terhadap lingkungannya. Sebaiknya orang tua menghindari sikap membuat malu anak apabila anak melakukan tingkah laku yang tidak disetujui orang tua. Karena rasa malu biasanya akan menimbulkan perasaan ragu terhadap kemampuan diri sendiri


3. INISIATIVE vs GUILT (antara 4-5 tahun)
Kemampuan untuk melakukan partisipasi dala berbagai kegiatan fisik dan mampu mengambil inisiatif untuk suatu tindakan yang akan dilakukan. Tetapi tidak semua keinginan anak akan disetujui orang tua dan gurunya. Rasa percaya dan kebebasan yang baru saja diterimanya, tetapi kemudian timbul keinginan menarik rencananya/kemauannya, maka timbul perasaan bersalah.
Apabila anak usia 4-5 tahun diberi kebebasan untuk menjelajahi dan bereksperimen dalam lingkungannya, dan apabila orang tua dan guru memberikan waktu untuk menjawab pertanyaan anak, maka anak cenderung akan lebih banyak mempunyai inisiatif dalam menghadapi masalah yang ada di sekitarnya. Sebaliknya apabila anak selalu dihalangi keinginannya, dan dianggap pertanyaan atau apa saja yang dilakukan tidak ada artinya, maka anak akan selalu merasa bersalah.



4. INDUSTRY vs INFERIORITY (6-11 tahun)
Dimensi polaritasnya adalah: memperoleh perasaan gairah dan di pihak lain mengatasi perasaan rendah diri. Dalam hubungan sosial yang lebih luas, anak menyadari kebutuhan untuk mendapat tempat dalam kelompok seumurnya. Anak harus berjuang untuk mencapai hal tersebut. Bila dalam kenyataannya ia masih dianggap sebagai anak yang lebih kecil baik di mata orang tua maupun gurunya, maka akan berkembang perasaan rendah diri. Anak yang berkembang sebagai anak yang rendah diri, tidak akan pernah menyukai belajar atau melakukan tugas-tugas yang bersifat intelektual. Yang lebih parah, anak tidak akan percaya bahwa ia akan mampu mengatasi masalah yang dihadapinya.


------------------------------------------------------------------------------------
Description: Tahap Perkembangan Psikologi Anak Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Tahap Perkembangan Psikologi Anak
More about Tahap Perkembangan Psikologi Anak

Teladan Kisah Habibie Dan Ainun

Diposting oleh Unknown


     Sekali lagi Habibie menunjukkan kelasnya sebagai negarawan dan politisi sejati. Habibie malah tertawa ketika di katai mantan Menteri Penerangan Malaysia sebagai “The Dog of Imperialism”. Habibie memang seorang demokrat sejati sehingga merasa tidak perlu berkomentar terhadap orang yang menjelek-jelekkan namanya. “Anggap saja itu pujian” begitu kata Habibie.
     Habibie… Habibie… sepertinya tak akan ada habis-habisnya si jenius ini kita bicarakan. Seorang Ilmuwan asal Indonesia asli ternyata memiliki kisah cinta yang sangat menawan. Begitu riuh tagar #AinunHabibie ketika sang istri dipanggil oleh-Nya. Habibie hampir gila karena ditinggal kekasih sejatinya.

     Karena kisah cintanya yang sekelas “Layla Majnun” bahkan banyak yang menyandingkannya dengan kisah romantis sepanjang masa “Romeo and Juliet”. Kisah cinta Habibie & Ainun adalah kisah cinta suci yang di bangun karena kesadaran beragama masing-masing yang kokoh. Mereka saling bersatu karena ridha Ilahi. Dan hanya kematianlah yang memisahkan mereka berdua. Sungguh mengharu biru setiap kali mengingatnya.
     Sehingga MD pictures merasa harus mengabadikan kisah cinta Habibie dan Ainun dalam sebuah film layar lebar. Film ini diangkat dari Novel terlaris dengan judul yang sama. Sebuah kisah nyata yang amat sangat langka. Seorang genius yang kaku bisa memiliki kisah cinta yang luwes nan lembut. Kegeniusan Habibie tetap dapat ditaklukkan dengan cinta yang lembut dari seorang Ainun. Film ini langsung disutradarai oleh sineas bertangan dingin, Hanung Bramantyo.
     Sosok Habibie akan diperankan oleh aktor muda, Reza Rahardian. Sedangkan almarhumah Ainun akan diperankan oleh Bunga Citra Lestari. Film ini akan mulai tayang di bioskop kesayangan anda mulai tanggal 20 Desember 2012. Sedangkan premiere-nya akan berlangsung sehari sebelumnya dengan mengundang berbagai tamu undangan dan media.
     Film ini sepenuhnya di sponsori oleh Wardah.  Wardah merasa kisah cinta Habibie dan Ainun sejalan dengan konsep yang kini digalakannya tentang Earth, Love and Life dalam produknya.
Ketika Ainun Habibie wafat, keluarga dengan spontan menolak karangan bunga. Keluarga lebih senang jika karangan bunga tersebut dapat diganti dengan dana sumbangan untuk yayasan mata yang telah dibangun oleh Ainun semasa hidupnya.
     Inspirasi inilah yang di usung juga oleh Wardah. Wardah ingin menebarkan semangat melalui kegiatan stempel tanda kasih dengan bentuk bunga mawar merah. Setiap stempel sebanding dengan Rp. 10.000 yang seluruh dari pengumpulan stempel itu dananya akan langsung disalurkan pada Yayasan milik almarhumah Ainun Habibie melalui Wardah Foundation.
     Selain hadirnya Reza Rahardian dalam soft launching Habibie Ainun di FX Mall (9/12), Jakarta. Wardah juga mengundang brand ambassadornya yaitu Inneke Koesherawati. Sosok Inneke begitu melekat sekali dengan Wardah. Sosok wanita muslimah yang bisa menginspirasi siapa saja. Inneke dipilih karena sesuai dengan prinsip-prinsip Wardah yaitu Pure and safe, Beauty Expert dan inspiring beauty.

------------------------------------------------------------------------------------ Description: Teladan Kisah Habibie Dan Ainun Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Teladan Kisah Habibie Dan Ainun
More about Teladan Kisah Habibie Dan Ainun

Kriteria Memilih Pemimpin Ideal

Diposting oleh Unknown


     Kita hadirkan topik ini ditengah kegelisahan sebagian masyarakat Indonesia melihat carut matur kehidupan berbangsa dan bernegara. Semua berharap kapankah kita memiliki seorang pemimpin ideal yang mampu memberi teladan dan meningkatkan harkat dan martabat bangsa.

     Bagi seorang muslim, saat berbicara tentang pemimpin ideal seyogyanya merujuk pada sumber referensi yang mutlak kebenarannya, bukanlah merujuk  pada pikiran atau kepentingan golongan tertentu. Paradigma memilih pemimpin ideal haruslah konsisten, tidak berubah sesuai perubahan hawa nafsu, rezim, dan kepentingan politik.

    Kriteria pemimpin ideal baik sebagai pemimpin rumah tangga, jamaah, organisasi, partai ataupun negara, banyak diterangkan dalam ayat-ayat al-Quran, salah satunya ada dalam QS al-Anbiya 73;

     “Dan Kami menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-peminpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami, dan kami wahyukan kepada mereka agar berbuat kebaikan, melaksanakan sholat, dan menunaikan zakat, dan hanya kepada Kami mereka menyembah”

     Ayat di atas berbicara mengenai pemimpin ideal di dunia menurut versi Alloh, sebagai sumber kebaikan dan bukan hawa nafsu. Keabsahannya tidak bisa dibantahkan kecuali bagi mereka orang yang mengingkarinyua (kafir), karena Alloh maha Benar atas firman-Nya.

     Merujuk ayat di atas, setidaknya ada lima kriteria sebagai pemipin ideal, yaitu sebagai berikut:


1. Memberikan Petunjuk Kepada Masyarakatnya dengan Perintah Kami.

     Pemimpin ideal selalu memberikan arahan kepada masyarakatnya berdasarkan petunjuk yang datang dari Alloh. Ia senantiasa mengajak seluruh manusia kepada Alloh. Ia akan berupaya secara maksimal membawa rakyatnya untuk taat beribadah kepada Alloh. Bukan sebaliknya, mengajak bergabung dengan partainya untuk melanggengkan kekuasaan, dan melawan musuh-musuh politiknya.

2. Selalu Memproduksi Kebaikan-Kebaikan.

     Pemimpin ideal selalu memproduksi kebaikan-kebaikan, termasuk dalam lingkup rumah tangganya. Ia mengajak istri dan anaknya untuk beribadah kepada Alloh bukan mengarahkan pada kemaksiatan. Begitu pula dalam lingkup lingkungan dimana ia tinggal, kebaikan-kebaikan selalu diprioritaskan dan mempersempit ruang gerak kemaksiatan dan kemusyrikan. Hukum ditegakkan meskipun menimpa keluarganya.

3. Mendirikan Sholat

     Berbahagialah jika memiliki pemimpin yang rajin mendirikan sholat 5 waktu. Karena sholat yang ‘ditegakkan’ sesuai firman Alloh, akan memberikan dampak yang luar biasa yakni mencegah perbuatan keji dan munkar. Pemimpin dengan kriteria ini, akan menularkan spirit penegakkan sholat 5 waktu kepada anggota masyarakatnya, sehingga secara otomatis akan mencegah merajalela-nya korupsi, fitnah, membunuh tanpa alasan jelas, dan perbuatan keji lainnya.

4. Membayar Zakat

     Alloh memerintahkan zakat dalam ayat ini dengan kata Iitaa-a. Penggunaan kata ini untuk menegaskan bahwa membayar zakat tidak sekedar mengeluarkan harta, namun harus dibarengi dengan daya dorong yang  kuat, sebagai bukti komitmen keimanan.

     Seorang pemimpin ideal akan berusaha menegakkan sistem zakat dengan baik dan amanah. Belajar dari sejarah umat Islam, jika sistem zakat (2.5% dari pendapatan) dikelola dengan baik dan jujur, maka akan mendatangkan keberkahan dan kemakmuran bagi masyarakatnya. Karena ini adalah sistem Alloh bukan sistem sistem manusia.

5. Hanya Menjadi Hamba Allah

     Seorang pemimpin ideal akan mengkhususkan dirinya menjadi hamba Alloh, bukan budak hawa nafsu, kekuasaan, pengusaha hitam, negara asing, dan lain sebagainya. Keberanian dia sebagai hamba alloh, tidak bisa dipaksa atau diintervensi oleh pihak manapun.

     “Dikutip dari pengajian malam Ahad, 11 Juni 2011, Mesjid Darussalam Kota Wisata Cibubur, Narasumber : DR Ahzami Samiun Jazuli MA”


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Description: Kriteria Memilih Pemimpin Ideal Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Kriteria Memilih Pemimpin Ideal
More about Kriteria Memilih Pemimpin Ideal

Semangat Bekerja Keras

Diposting oleh Unknown


Kerja Keras

     Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, Rasulullah pernah bersabda, “Tiada makanan yang baik bagi Anak Adam kecuali yang ia dapat dari tangannya sendiri. Sungguh, Nabi Daud AS makan dari hasil tangannya sendiri.”

     Dalam hadits lain yang diriwayatkan Baihaqi, Rasulullah pernah bersabda “Sesungguhnya, sebaik-baik mata pencaharian adalah seorang berwirausaha.”

    Islam sebagai agama Allah yang sempurna memberikan petunjuk kepada manusia tentang bidang usaha yang halal dan cara berusaha. Keagungan Islam tidak hanya memerintahkan manusia bekerja untuk kepentingan individual secara halal, namun juga mengajarkan cara manusia berhubungan baik sesama bagi kepentingan dan keuntungan kehidupan mereka di bumi ini. 

     Sebagai umat Islam, menjaga semangat dalam bekerja menjadi sebuah keharusan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena itu, Islam benar-benar mengajarkan umatnya untuk bekerja keras, mandiri dan tidak pantang menyerah.

Setidaknya terdapat beberapa dalam kandungan Alquran maupun Hadis yang dapat menjadi rujukan pesan tentang semangat kerja keras dan kemandirian ini. Seperti Hadis yang diriwayatkan Abu Dawud, Rasulullah pernah bersabda, “Amal yang paling baik adalah pekerjaan yang dilakukan dengan cucuran keringatnya sendiri.”

     Islam memandang bahwa bekerja merupakan satu kewajiban bagi setiap insan. Karena dengan bekerja, seseorang akan memperoleh penghasilan yang dapat memenuhi kebutuhan hidup dirinya dan juga keluarganya serta dapat memberikan maslahat bagi masyarakat di sekitarnya.

     Dalam sebuah Hadis disebutkan, “Dari Anas r.a. berkata : Nabi SAW bersabda ” Bukan orang yang baik diantara kamu, orang yang meninggalkan kepentingan dunia untuk mengejar akhiratnya, atau meninggalkan akhirat karena mengejar dunia, sehingga dapat mencapai keduanya, karena dunia bekal untuk akhirat, dan kamu jangan menyandarkan diri pada belas kasihan orang”.

     Menurut Isa Abduh dan Ahmad Ismail Yahya dalam al-Amal fi al-Isl’m, Islam adalah agama yang menekankan amal atau bekerja. Sebab, amal atau bekerja merupakan salah satu cara praktis untuk mencari mata pencarian yang diperbolehkan Allah SWT.

     Bekerja dalam Islam merupakan kewajiban bagi setiap individu atau kelompok. Konsep amal dalam Islam sangat luas dan tidak hanya menyangkut soal bisnis atau dagang. Amal adalah setiap pekerjaan yang dilakukan manusia yang pantas untuk mendapatkan imbalan (upah), baik berupa kegiatan badan, akal, indra, maupun seni.

     Dalam sebuah kitab dijelaskan, orang yang dengan ikhlas bekerja keras, Allah SWT akan memberikan beberapa ganjaran, seperti: pertama, akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Kedua, dihapuskan dosa-dosa tertentu yang tidak dapat dihapuskan dengan shalat, puasa dan shadaqah. Ketiga, mendapatkan cinta Allah SWT. Keempat, terhindar dari azab neraka dan terakhir bekerja mencari nafkah digolongkan dalam fi sabililah.
Description: Semangat Bekerja Keras Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Semangat Bekerja Keras
More about Semangat Bekerja Keras

Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Penerus Bangsa

Diposting oleh Unknown


      Berbicara tentang pendidikan kita semua pasti sudah tahu bahwa betapa pentingnya pendidikan tersebut. Pendidikan, kemampuan, pengetahuan merupakan salah satu modal yang kita miliki untuk hidup di zaman yang serba sulit ini. Mengapa dikatakan demikian?
     Pendidikan adalah suatu modal penting dalam hidup manusia apalagi genarasi bangsa, dengan pendidikan yang cukup, wawasan, pengetahuan yang luas akan mampu menyiapkan generasi muda yang berkualitas yang mampu membangun bangsa dan negara ini lebih baik.
     Tentu saja pendidikan, kemampuan, wawasan dan pengetahuanlah yang kita butuhkan. Di dalam bangku pendidikan banyak sekali hal yang kita dapatkan.Tetapi entah mengapa banyak sekali warga di Indonesia ini yang tidak mengenyam bangku pendidikan sebagaimana mestinya, khususnya di daerah-daerah terpencil di sekitar wilayah Indonesia ini. Sepertinya kesadaran mereka tetang pentingnya pendidikan  perlu ditingkatkan.
     Sebagaimana yang diungkapkan Daoed Joesoef tentang pentingnya pendidikan : “Pendidikan merupakan segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia” Dan tentulah dari pernyataan tersebut kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan.Menjadi bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia. Sudah menjadi suatu rahasia umum bahwa maju atau tidaknya suatu negara di pengaruhi oleh faktor pendidikan. Begitu pentingnya pendidikan, sehingga suatu bangsa dapat diukur apakah bangsa itu maju atau mundur, karna seperti yang kita ketahui bahwa suatu Pendidikan tentunya akan mencetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik dari segi spritual, intelegensi dan skill dan pendidikan merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa.
     Apabila output dari proses pendidikan ini gagal maka sulit dibayangkan bagaimana dapat mencapai kemajuan.Yang harus kita pikirkan sekarang, bagaimana caranya memberikan dan menerapkan pendidikan bagi generasi bangsa secara merata, tidak ada pembedaan suku, ras, agama, atau wilayah sehingga pendidikan tersebut mampu dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali.
     Yang sekarang kita rasakan, pendidikan belum mampu menyentuh seluruh lapisan masyarakat sampai tingkat paling bawah, karena faktor ekonomi dan faktor penunjang pendidikan yang belum merata dirasakan baik oleh pelaksana pendidikan maupun oleh peserta pendidikan.
     Seperti contoh yang sering kita lihat, sekolah-sekolah yang berada dipusat kota sangat diperhatikan baik fasilitas gedungnya, sarana penunjang pendidikan dan penunjang keahlian siswa nya... tapi mari kita lihat sekolah yang berada dipelosok, mereka kesulitan mengeyam pendidikan karena gedungnya yang mau roboh, atau bahkan tidak sedikit siswa disekolah - sekolah tersebut yang belum pernah melihat komputer, menggunakan internet, menggunakan mikroskof dan lain - lain.
      Tapi kita harus tetap terus berjuang demi masa depan anak-anak bangsa, kita terus bangun pendidikan di Negara kita dengan cara apapun, kita akan sangat berdosa apabila kita masih melihat anak usia sekolah masih ada dijalan demi mencari sesuap nasi, masih ada anak yang sulit mencapat pengetahuan yang lebih luas..
Description: Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Penerus Bangsa Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Penerus Bangsa
More about Pentingnya Pendidikan Bagi Generasi Penerus Bangsa

Cara Membuat Strategi Pemasaran

Diposting oleh Unknown

Strategi pemasaran bisnis merupakan langkah-langkah kreatif yang berkesinambungan yang diupayakan oleh sebuah pihak perusahaan guna mencapai target marketing terbaik dalam rangka mewujudkan kepuasan konsumen secara maksimal. Strategi pemasaran sangat penting diupayakan untuk mencegah penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis dipasaran.
Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran dan marketing plan, silakan KLIK DISINI.
Dengan adanya sebuah strategi yang baik, diharapkan proses pemasaran akan mampu berjalan secara terkontrol, dinamis dan tidak monoton dengan satu gaya marketing saja.
Strategi pemasaran juga dilakukan agar tercapainya proses marketing secara lebih maksimal. Tanpa adanya strategi marketing yang teruji, bisa dipastikan marketing akan jatuh, terlebih apabila muncul berbagai produk kompetitif yang dikeluarkan oleh rival-rival bisnis Anda. Melalui strategi ini sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan, memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.
Strategi yang diharapkan adalah cara-cara baru yang lebih diminati oleh para konsumen. Membuat konsumen merasa lebih nyaman dan mudah untuk mendapatkan produk bisnis yang kita pasarkan, disamping itu kualitas yang memadai dari sebuah produk bisnis juga menjadi salah satu poin penting bagi berlangsungnya sebuah strategi pemasaran yang baik.
Mengoptimalkan upaya dan strategi pemasaran merupakan faktor terbesar yang akan mempengaruhi kesuksesan usaha bisnis Anda, oleh karena itu, jangan sepelekan strategi pemasaran. Rancang dan upayakanlah sedemikian rupa agar pelanggan tidak bosan dengan gaya-gaya Anda dalam memasarkan produk.
Bagaimana atau apa saja yang termasuk bagian dari strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan untuk terus mempertahankan upaya marketing kreatif Anda? berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya bagi Anda yang mempunyai bidang usaha yang relatif masih kecil:
1. Promosi
Promosi merupakan upaya untuk memperkenalkan sebuah produk bisnis kepada konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran, dari yang belum tau menjadi tau. Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha bisnis yang masih kecil, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal ini. Lakukan upaya promosi kapan saja dan dimana saja. Dengan cara-cara kreatif tentunya upaya promosi yang Anda lakukan secara terus menerus tak akan membuat orang lain jengah.
Misalnya setiap kali Anda bepergian, jangan lupa membawa brosur produk bisnis Anda untuk kemudian Anda bagikan kepada rekan-rekan Anda, atau Anda langsung menyebar brosur ke tempat-tempat umum, menempel berbagai di berbagai tempat pengumuman, membuat status di jejaring sosial, meng-sms rekan dan sebagainya.
Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan strategi pemasaran, silakan KLIK DISINI.
Banyak sekali upaya-upaya kreatif yang bisa Anda lakukan dalam rangka mengupayakan promosi secara terus menerus. Pada saatnya Anda akan menemukan orang-orang yang memang membutuhkan jasa atau produk yang Anda tawarkan.
2. Kreativitas cara marketing
Kreativitas cara marketing menyangkut upaya dan strategi pemasaran agar lebih terkesan unik, beda dan menemukan cara-cara baru untuk mengupayakan kegiatan marketing agar bisa berjalan dengan maksimal. Ada banyak cara kreatif yang dilakukan orang saat ini, diantaranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas internet yang mendunia untuk memasarkan produk usaha.
Internet marketing merupakan strategi yang terbukti mampu meningkatkan upaya penjualan secara lebih maksimal.
Dengan memanfaatkan internet, Anda juga bisa melakukan kreativitas bentuk-bentuk marketing. Misalnya untuk mereka para pengusaha buku, biasanya memanfaatkan situs jejaring sosial untuk menjual buku-buku mereka dengan cara-cara yang unik seperti mengadakan perlombaan, memasang berbagai foto bergaya bersama buku dan sebagainya. Kreativitas dalam strategi pemasaran sangat dibutuhkan.
- See more at: http://rajapresentasi.com/2012/02/cara-menyusun-strategi-pemasaran-yang-efektif/#sthash.H7gOSrxq.dpuf
 

Strategi pemasaran bisnis merupakan langkah-langkah kreatif yang berkesinambungan yang diupayakan oleh sebuah pihak perusahaan guna mencapai target marketing terbaik dalam rangka mewujudkan kepuasan konsumen secara maksimal. Strategi pemasaran sangat penting diupayakan untuk mencegah penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis dipasaran.
Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran dan marketing plan, silakan KLIK DISINI.
Dengan adanya sebuah strategi yang baik, diharapkan proses pemasaran akan mampu berjalan secara terkontrol, dinamis dan tidak monoton dengan satu gaya marketing saja.
Strategi pemasaran juga dilakukan agar tercapainya proses marketing secara lebih maksimal. Tanpa adanya strategi marketing yang teruji, bisa dipastikan marketing akan jatuh, terlebih apabila muncul berbagai produk kompetitif yang dikeluarkan oleh rival-rival bisnis Anda. Melalui strategi ini sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan, memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.
Strategi yang diharapkan adalah cara-cara baru yang lebih diminati oleh para konsumen. Membuat konsumen merasa lebih nyaman dan mudah untuk mendapatkan produk bisnis yang kita pasarkan, disamping itu kualitas yang memadai dari sebuah produk bisnis juga menjadi salah satu poin penting bagi berlangsungnya sebuah strategi pemasaran yang baik.
Mengoptimalkan upaya dan strategi pemasaran merupakan faktor terbesar yang akan mempengaruhi kesuksesan usaha bisnis Anda, oleh karena itu, jangan sepelekan strategi pemasaran. Rancang dan upayakanlah sedemikian rupa agar pelanggan tidak bosan dengan gaya-gaya Anda dalam memasarkan produk.
Bagaimana atau apa saja yang termasuk bagian dari strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan untuk terus mempertahankan upaya marketing kreatif Anda? berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya bagi Anda yang mempunyai bidang usaha yang relatif masih kecil:
1. Promosi
Promosi merupakan upaya untuk memperkenalkan sebuah produk bisnis kepada konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran, dari yang belum tau menjadi tau. Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha bisnis yang masih kecil, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal ini. Lakukan upaya promosi kapan saja dan dimana saja. Dengan cara-cara kreatif tentunya upaya promosi yang Anda lakukan secara terus menerus tak akan membuat orang lain jengah.
Misalnya setiap kali Anda bepergian, jangan lupa membawa brosur produk bisnis Anda untuk kemudian Anda bagikan kepada rekan-rekan Anda, atau Anda langsung menyebar brosur ke tempat-tempat umum, menempel berbagai di berbagai tempat pengumuman, membuat status di jejaring sosial, meng-sms rekan dan sebagainya.
Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan strategi pemasaran, silakan KLIK DISINI.
Banyak sekali upaya-upaya kreatif yang bisa Anda lakukan dalam rangka mengupayakan promosi secara terus menerus. Pada saatnya Anda akan menemukan orang-orang yang memang membutuhkan jasa atau produk yang Anda tawarkan.
2. Kreativitas cara marketing
Kreativitas cara marketing menyangkut upaya dan strategi pemasaran agar lebih terkesan unik, beda dan menemukan cara-cara baru untuk mengupayakan kegiatan marketing agar bisa berjalan dengan maksimal. Ada banyak cara kreatif yang dilakukan orang saat ini, diantaranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas internet yang mendunia untuk memasarkan produk usaha.
Internet marketing merupakan strategi yang terbukti mampu meningkatkan upaya penjualan secara lebih maksimal.
Dengan memanfaatkan internet, Anda juga bisa melakukan kreativitas bentuk-bentuk marketing. Misalnya untuk mereka para pengusaha buku, biasanya memanfaatkan situs jejaring sosial untuk menjual buku-buku mereka dengan cara-cara yang unik seperti mengadakan perlombaan, memasang berbagai foto bergaya bersama buku dan sebagainya. Kreativitas dalam strategi pemasaran sangat dibutuhkan.
- See more at: http://rajapresentasi.com/2012/02/cara-menyusun-strategi-pemasaran-yang-efektif/#sthash.H7gOSrxq.dpuf
 Strategi pemasaran bisnis merupakan langkah-langkah kreatif yang berkesinambungan yang diupayakan oleh sebuah pihak perusahaan guna mencapai target marketing terbaik dalam rangka mewujudkan kepuasan konsumen secara maksimal. Strategi pemasaran sangat penting diupayakan untuk mencegah penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis dipasaran.

    Dengan adanya sebuah strategi yang baik, diharapkan proses pemasaran akan mampu berjalan secara terkontrol, dinamis dan tidak monoton dengan satu gaya marketing saja.

    Strategi pemasaran juga dilakukan agar tercapainya proses marketing secara lebih maksimal. Tanpa adanya strategi marketing yang teruji, bisa dipastikan marketing akan jatuh, terlebih apabila muncul berbagai produk kompetitif yang dikeluarkan oleh rival-rival bisnis Anda. Melalui strategi ini sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan, memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.

    Strategi yang diharapkan adalah cara-cara baru yang lebih diminati oleh para konsumen. Membuat konsumen merasa lebih nyaman dan mudah untuk mendapatkan produk bisnis yang kita pasarkan, disamping itu kualitas yang memadai dari sebuah produk bisnis juga menjadi salah satu poin penting bagi berlangsungnya sebuah strategi pemasaran yang baik.

    Mengoptimalkan upaya dan strategi pemasaran merupakan faktor terbesar yang akan mempengaruhi kesuksesan usaha bisnis Anda, oleh karena itu, jangan sepelekan strategi pemasaran. Rancang dan upayakanlah sedemikian rupa agar pelanggan tidak bosan dengan gaya-gaya Anda dalam memasarkan produk.

    Bagaimana atau apa saja yang termasuk bagian dari strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan untuk terus mempertahankan upaya marketing kreatif Anda? berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya bagi Anda yang mempunyai bidang usaha yang relatif masih kecil:

1. Promosi
Promosi merupakan upaya untuk memperkenalkan sebuah produk bisnis kepada konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran, dari yang belum tau menjadi tau. Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha bisnis yang masih kecil, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal ini. Lakukan upaya promosi kapan saja dan dimana saja. Dengan cara-cara kreatif tentunya upaya promosi yang Anda lakukan secara terus menerus tak akan membuat orang lain jengah.

     Misalnya setiap kali Anda bepergian, jangan lupa membawa brosur produk bisnis Anda untuk kemudian Anda bagikan kepada rekan-rekan Anda, atau Anda langsung menyebar brosur ke tempat-tempat umum, menempel berbagai di berbagai tempat pengumuman, membuat status di jejaring sosial, meng-sms rekan dan sebagainya.

     Banyak sekali upaya-upaya kreatif yang bisa Anda lakukan dalam rangka mengupayakan promosi secara terus menerus. Pada saatnya Anda akan menemukan orang-orang yang memang membutuhkan jasa atau produk yang Anda tawarkan.

2. Kreativitas cara marketing

     Kreativitas cara marketing menyangkut upaya dan strategi pemasaran agar lebih terkesan unik, beda dan menemukan cara-cara baru untuk mengupayakan kegiatan marketing agar bisa berjalan dengan maksimal. Ada banyak cara kreatif yang dilakukan orang saat ini, diantaranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas internet yang mendunia untuk memasarkan produk usaha.

     Internet marketing merupakan strategi yang terbukti mampu meningkatkan upaya penjualan secara lebih maksimal.

     Dengan memanfaatkan internet, Anda juga bisa melakukan kreativitas bentuk-bentuk marketing. Misalnya untuk mereka para pengusaha buku, biasanya memanfaatkan situs jejaring sosial untuk menjual buku-buku mereka dengan cara-cara yang unik seperti mengadakan perlombaan, memasang berbagai foto bergaya bersama buku dan sebagainya. Kreativitas dalam strategi pemasaran sangat dibutuhkan.
Strategi pemasaran bisnis merupakan langkah-langkah kreatif yang berkesinambungan yang diupayakan oleh sebuah pihak perusahaan guna mencapai target marketing terbaik dalam rangka mewujudkan kepuasan konsumen secara maksimal. Strategi pemasaran sangat penting diupayakan untuk mencegah penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis dipasaran.
Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran dan marketing plan, silakan KLIK DISINI.
Dengan adanya sebuah strategi yang baik, diharapkan proses pemasaran akan mampu berjalan secara terkontrol, dinamis dan tidak monoton dengan satu gaya marketing saja.
Strategi pemasaran juga dilakukan agar tercapainya proses marketing secara lebih maksimal. Tanpa adanya strategi marketing yang teruji, bisa dipastikan marketing akan jatuh, terlebih apabila muncul berbagai produk kompetitif yang dikeluarkan oleh rival-rival bisnis Anda. Melalui strategi ini sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan, memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.
Strategi yang diharapkan adalah cara-cara baru yang lebih diminati oleh para konsumen. Membuat konsumen merasa lebih nyaman dan mudah untuk mendapatkan produk bisnis yang kita pasarkan, disamping itu kualitas yang memadai dari sebuah produk bisnis juga menjadi salah satu poin penting bagi berlangsungnya sebuah strategi pemasaran yang baik.
Mengoptimalkan upaya dan strategi pemasaran merupakan faktor terbesar yang akan mempengaruhi kesuksesan usaha bisnis Anda, oleh karena itu, jangan sepelekan strategi pemasaran. Rancang dan upayakanlah sedemikian rupa agar pelanggan tidak bosan dengan gaya-gaya Anda dalam memasarkan produk.
Bagaimana atau apa saja yang termasuk bagian dari strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan untuk terus mempertahankan upaya marketing kreatif Anda? berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya bagi Anda yang mempunyai bidang usaha yang relatif masih kecil:
1. Promosi
Promosi merupakan upaya untuk memperkenalkan sebuah produk bisnis kepada konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran, dari yang belum tau menjadi tau. Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha bisnis yang masih kecil, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal ini. Lakukan upaya promosi kapan saja dan dimana saja. Dengan cara-cara kreatif tentunya upaya promosi yang Anda lakukan secara terus menerus tak akan membuat orang lain jengah.
Misalnya setiap kali Anda bepergian, jangan lupa membawa brosur produk bisnis Anda untuk kemudian Anda bagikan kepada rekan-rekan Anda, atau Anda langsung menyebar brosur ke tempat-tempat umum, menempel berbagai di berbagai tempat pengumuman, membuat status di jejaring sosial, meng-sms rekan dan sebagainya.
Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan strategi pemasaran, silakan KLIK DISINI.
Banyak sekali upaya-upaya kreatif yang bisa Anda lakukan dalam rangka mengupayakan promosi secara terus menerus. Pada saatnya Anda akan menemukan orang-orang yang memang membutuhkan jasa atau produk yang Anda tawarkan.
2. Kreativitas cara marketing
Kreativitas cara marketing menyangkut upaya dan strategi pemasaran agar lebih terkesan unik, beda dan menemukan cara-cara baru untuk mengupayakan kegiatan marketing agar bisa berjalan dengan maksimal. Ada banyak cara kreatif yang dilakukan orang saat ini, diantaranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas internet yang mendunia untuk memasarkan produk usaha.
Internet marketing merupakan strategi yang terbukti mampu meningkatkan upaya penjualan secara lebih maksimal.
Dengan memanfaatkan internet, Anda juga bisa melakukan kreativitas bentuk-bentuk marketing. Misalnya untuk mereka para pengusaha buku, biasanya memanfaatkan situs jejaring sosial untuk menjual buku-buku mereka dengan cara-cara yang unik seperti mengadakan perlombaan, memasang berbagai foto bergaya bersama buku dan sebagainya. Kreativitas dalam strategi pemasaran sangat dibutuhkan.
- See more at: http://rajapresentasi.com/2012/02/cara-menyusun-strategi-pemasaran-yang-efektif/#sthash.H7gOSrxq.dpuf
Strategi pemasaran bisnis merupakan langkah-langkah kreatif yang berkesinambungan yang diupayakan oleh sebuah pihak perusahaan guna mencapai target marketing terbaik dalam rangka mewujudkan kepuasan konsumen secara maksimal. Strategi pemasaran sangat penting diupayakan untuk mencegah penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis dipasaran.
Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran dan marketing plan, silakan KLIK DISINI.
Dengan adanya sebuah strategi yang baik, diharapkan proses pemasaran akan mampu berjalan secara terkontrol, dinamis dan tidak monoton dengan satu gaya marketing saja.
Strategi pemasaran juga dilakukan agar tercapainya proses marketing secara lebih maksimal. Tanpa adanya strategi marketing yang teruji, bisa dipastikan marketing akan jatuh, terlebih apabila muncul berbagai produk kompetitif yang dikeluarkan oleh rival-rival bisnis Anda. Melalui strategi ini sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan, memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.
Strategi yang diharapkan adalah cara-cara baru yang lebih diminati oleh para konsumen. Membuat konsumen merasa lebih nyaman dan mudah untuk mendapatkan produk bisnis yang kita pasarkan, disamping itu kualitas yang memadai dari sebuah produk bisnis juga menjadi salah satu poin penting bagi berlangsungnya sebuah strategi pemasaran yang baik.
Mengoptimalkan upaya dan strategi pemasaran merupakan faktor terbesar yang akan mempengaruhi kesuksesan usaha bisnis Anda, oleh karena itu, jangan sepelekan strategi pemasaran. Rancang dan upayakanlah sedemikian rupa agar pelanggan tidak bosan dengan gaya-gaya Anda dalam memasarkan produk.
Bagaimana atau apa saja yang termasuk bagian dari strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan untuk terus mempertahankan upaya marketing kreatif Anda? berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya bagi Anda yang mempunyai bidang usaha yang relatif masih kecil:
1. Promosi
Promosi merupakan upaya untuk memperkenalkan sebuah produk bisnis kepada konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran, dari yang belum tau menjadi tau. Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha bisnis yang masih kecil, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal ini. Lakukan upaya promosi kapan saja dan dimana saja. Dengan cara-cara kreatif tentunya upaya promosi yang Anda lakukan secara terus menerus tak akan membuat orang lain jengah.
Misalnya setiap kali Anda bepergian, jangan lupa membawa brosur produk bisnis Anda untuk kemudian Anda bagikan kepada rekan-rekan Anda, atau Anda langsung menyebar brosur ke tempat-tempat umum, menempel berbagai di berbagai tempat pengumuman, membuat status di jejaring sosial, meng-sms rekan dan sebagainya.
Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan strategi pemasaran, silakan KLIK DISINI.
Banyak sekali upaya-upaya kreatif yang bisa Anda lakukan dalam rangka mengupayakan promosi secara terus menerus. Pada saatnya Anda akan menemukan orang-orang yang memang membutuhkan jasa atau produk yang Anda tawarkan.
2. Kreativitas cara marketing
Kreativitas cara marketing menyangkut upaya dan strategi pemasaran agar lebih terkesan unik, beda dan menemukan cara-cara baru untuk mengupayakan kegiatan marketing agar bisa berjalan dengan maksimal. Ada banyak cara kreatif yang dilakukan orang saat ini, diantaranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas internet yang mendunia untuk memasarkan produk usaha.
Internet marketing merupakan strategi yang terbukti mampu meningkatkan upaya penjualan secara lebih maksimal.
Dengan memanfaatkan internet, Anda juga bisa melakukan kreativitas bentuk-bentuk marketing. Misalnya untuk mereka para pengusaha buku, biasanya memanfaatkan situs jejaring sosial untuk menjual buku-buku mereka dengan cara-cara yang unik seperti mengadakan perlombaan, memasang berbagai foto bergaya bersama buku dan sebagainya. Kreativitas dalam strategi pemasaran sangat dibutuhkan.
- See more at: http://rajapresentasi.com/2012/02/cara-menyusun-strategi-pemasaran-yang-efektif/#sthash.H7gOSrxq.dpuf
Strategi pemasaran bisnis merupakan langkah-langkah kreatif yang berkesinambungan yang diupayakan oleh sebuah pihak perusahaan guna mencapai target marketing terbaik dalam rangka mewujudkan kepuasan konsumen secara maksimal. Strategi pemasaran sangat penting diupayakan untuk mencegah penurunan jumlah konsumen serta jatuhnya daya saing produk bisnis dipasaran.
Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang strategi pemasaran dan marketing plan, silakan KLIK DISINI.
Dengan adanya sebuah strategi yang baik, diharapkan proses pemasaran akan mampu berjalan secara terkontrol, dinamis dan tidak monoton dengan satu gaya marketing saja.
Strategi pemasaran juga dilakukan agar tercapainya proses marketing secara lebih maksimal. Tanpa adanya strategi marketing yang teruji, bisa dipastikan marketing akan jatuh, terlebih apabila muncul berbagai produk kompetitif yang dikeluarkan oleh rival-rival bisnis Anda. Melalui strategi ini sebuah proses marketing yang baik dapat dipertahankan, memberikan cara-cara yang baru yang membuat para pelanggan senantiasa menemukan keunikan dalam produk kita, hal ini merupakan salah satu strategi yang dibutuhkan dalam strategi pemasaran.
Strategi yang diharapkan adalah cara-cara baru yang lebih diminati oleh para konsumen. Membuat konsumen merasa lebih nyaman dan mudah untuk mendapatkan produk bisnis yang kita pasarkan, disamping itu kualitas yang memadai dari sebuah produk bisnis juga menjadi salah satu poin penting bagi berlangsungnya sebuah strategi pemasaran yang baik.
Mengoptimalkan upaya dan strategi pemasaran merupakan faktor terbesar yang akan mempengaruhi kesuksesan usaha bisnis Anda, oleh karena itu, jangan sepelekan strategi pemasaran. Rancang dan upayakanlah sedemikian rupa agar pelanggan tidak bosan dengan gaya-gaya Anda dalam memasarkan produk.
Bagaimana atau apa saja yang termasuk bagian dari strategi pemasaran yang bisa Anda terapkan untuk terus mempertahankan upaya marketing kreatif Anda? berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk menciptakan sebuah strategi pemasaran yang lebih efektif, khususnya bagi Anda yang mempunyai bidang usaha yang relatif masih kecil:
1. Promosi
Promosi merupakan upaya untuk memperkenalkan sebuah produk bisnis kepada konsumen sebagai bagian dari strategi pemasaran, dari yang belum tau menjadi tau. Bagi Anda yang memiliki sebuah usaha bisnis yang masih kecil, jangan lupa untuk selalu memperhatikan hal ini. Lakukan upaya promosi kapan saja dan dimana saja. Dengan cara-cara kreatif tentunya upaya promosi yang Anda lakukan secara terus menerus tak akan membuat orang lain jengah.
Misalnya setiap kali Anda bepergian, jangan lupa membawa brosur produk bisnis Anda untuk kemudian Anda bagikan kepada rekan-rekan Anda, atau Anda langsung menyebar brosur ke tempat-tempat umum, menempel berbagai di berbagai tempat pengumuman, membuat status di jejaring sosial, meng-sms rekan dan sebagainya.
Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skill, strategi bisnis dan strategi pemasaran, silakan KLIK DISINI.
Banyak sekali upaya-upaya kreatif yang bisa Anda lakukan dalam rangka mengupayakan promosi secara terus menerus. Pada saatnya Anda akan menemukan orang-orang yang memang membutuhkan jasa atau produk yang Anda tawarkan.
2. Kreativitas cara marketing
Kreativitas cara marketing menyangkut upaya dan strategi pemasaran agar lebih terkesan unik, beda dan menemukan cara-cara baru untuk mengupayakan kegiatan marketing agar bisa berjalan dengan maksimal. Ada banyak cara kreatif yang dilakukan orang saat ini, diantaranya adalah dengan memanfaatkan fasilitas internet yang mendunia untuk memasarkan produk usaha.
Internet marketing merupakan strategi yang terbukti mampu meningkatkan upaya penjualan secara lebih maksimal.
Dengan memanfaatkan internet, Anda juga bisa melakukan kreativitas bentuk-bentuk marketing. Misalnya untuk mereka para pengusaha buku, biasanya memanfaatkan situs jejaring sosial untuk menjual buku-buku mereka dengan cara-cara yang unik seperti mengadakan perlombaan, memasang berbagai foto bergaya bersama buku dan sebagainya. Kreativitas dalam strategi pemasaran sangat dibutuhkan.
- See more at: http://rajapresentasi.com/2012/02/cara-menyusun-strategi-pemasaran-yang-efektif/#sthash.H7gOSrxq.dpuf
Description: Cara Membuat Strategi Pemasaran Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Cara Membuat Strategi Pemasaran
More about Cara Membuat Strategi Pemasaran

Hukum Rokok Dalam Islam

Diposting oleh Unknown


Tembakau yang merupakan bahan baku rokok telah dikenal oleh umat Islam pada akhir abad ke-10 Hijriyah, yang dibawa oleh para pedagang Spanyol. Semenjak itulah kaum muslimin mulai mengenal rokok. Sebagian kalangan berpendapat bahwa merokok hukumnya boleh.
Mereka berdalil bahwa segala sesuatu hukum asalnya mubah kecuali terdapat dalil yang melarangnya,
 berdasarkan firman Allah:

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا
Dia-lah Allah, yang telah menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu.” (QS. Al Baqarah: 29).
Ayat di atas menjelaskan bahwa segala sesuatu yang diciptakan Allah di atas bumi ini halal untuk manusia termasuk tembakau yang digunakan untuk bahan baku rokok.

Sanggahan:
Berdalil dengan ayat ini tidak kuat, karena segala sesuatu yang diciptakan Allah hukumnya halal bila tidak mengandung hal-hal yang merusak dan membahayakan tubuh.
Sementara rokok mengandung ribuan racun yang secara kedokteran telah terbukti merusak dan membahayakan kesehatan. Bahkan membunuh penggunanya secara perlahan, padahal Allah telah berfirman:

وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا
 “Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.” (QS. An-Nisaa: 29).

Lebih dari itu, mengapa tidak ada dalil khusus yang melarang rokok?
Karena rokok baru ada 500 tahun yang lalu, dan tidak dikenal di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, para sahabat, tabiin, tabi’ tabiin, maupun ulama penulis hadis setelahnya. Bagaimana mungkin akan dicari dalil khusus yang melarang rokok?

Sebagian kalangan yang lain berpendapat bahwa merokok hukumnya makruh, karena orang yang merokok mengeluarkan bau tidak sedap. Hukum ini diqiyaskan dengan memakan bawang putih mentah yang mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sebagaimana ditunjukkan dalam sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam:

من أكل البصل والثوم والكراث فلا يقربن مسجدنا، فإن الملائكة تتأذى مما يتأذى منه بنو آدم
Barang siapa yang memakan bawang merah, bawang putih (mentah) dan karats, maka janganlah dia menghampiri masjid kami, karena para malaikat terganggu dengan hal yang mengganggu manusia (yaitu: bau tidak sedap).” (HR. Muslim).

Sanggahan:
Analogi ini sangat tidak kuat, karena dampak negatif dari rokok bukan hanya sekedar bau tidak sedap. Lebih dari itu menyebabkan berbagai penyakit berbahaya diantaranya kanker paru-paru. Mengingat keterbatasan ulama masa silam dalam memahami dampak kesehatan ketika morokok, mereka hanya melihat bagian luar yang nampak saja. Itulah bau rokok dan bau mulut perokok. Jelas ini adalah tinjauan yang sangat terbatas.

Sebagian ulama yang lain berpendapat bahwa merokok hukumnya haram, pendapat ini ditegaskan oleh Qalyubi (Ulama Mazhab Syafi’i, wafat: 1069 H). Dalam kitab Hasyiyah Qalyubi ala Syarh al-Mahalli (jilid I, Hal. 69), beliau mengatakan: “Ganja dan segala obat bius yang menghilangkan akal, zatnya suci sekalipun haram untuk dikonsumsi, oleh karena itu para ulama kami berpendapat bahwa rokok hukumnya juga haram, karena rokok dapat membuka jalan agar tubuh terjangkit berbagai penyakit berbahaya”.
Ibnu Allan (ulama Madzhab Syafi’i, wafat: 1057H), as-Sanhury (Mufti Mazhab Maliki di Mesir, wafat 1015 H), al-Buhuty (Ulama Mazhab Hanbali, wafat: 1051 H), as-Surunbulaly (Ulama Madzhab Hanafi, wafat: 1069 H) juga menfatwakan haram hukumnya merokok.

Merokok juga pernah dilarang oleh penguasa khilafah Utsmani pada abad ke-12 Hijriyah dan orang yang merokok dikenakan sanksi, serta rokok yang beredar disita pemerintah, lalu dimusnahkan.
Para ulama menegaskan haramnya merokok berdasarkan kesepakatan para dokter di masa itu, yang menyatakan bahwa rokok sangat berbahaya terhadap kesehatan tubuh. Ia dapat merusak jantung, penyebab batuk kronis, mempersempit aliran darah yang menyebabkan tidak lancarnya darah dan berakhir dengan kematian mendadak.
 Padahal Allah telah mengharamkan seseorang untuk membinasakan dirinya melalui firman-Nya:

وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ
“Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan.” (QS. Al Baqarah: 195).

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:
لَا ضَرَرَ وَلَا ضِرَارَ
Tidak boleh melakukan perbuatan yang membuat mudharat bagi orang lain baik permulaan ataupun balasan.” (HR. Ibnu Majah. Hadis ini di shahihkan oleh Albani).

Hasil penelitian kedokteran di zaman sekarang memperkuat penemuan dunia kedokteran di masa lampau bahwa merokok menyebabkan berbagai jenis penyakit kanker, penyakit pernafasan, penyakit jantung, penyakit pencernaan, berefek buruk bagi janin, juga merusak sistem reproduksi, pendeknya merokok merusak seluruh sistem tubuh.

Oleh karena itu, seluruh negara menetapkan undang-undang yang mewajibkan dicantumkannya peringatan bahwa merokok dapat mebahayakan kesehatan tubuh pada setiap bungkus rokok.

Karena itu, sangat tepat fatwa yang dikeluarkan oleh berbagai lembaga fatwa di dunia Islam, seperti fatwa MUI yang mengharamkan rokok, begitu juga Dewan Fatwa Arab Saudi yang mengharamkan rokok, melalui fatwa nomor: (4947), yang menyatakan, “Merokok hukumnya haram, menanam bahan bakunya (tembakau) juga haram serta memperdagangkannya juga haram, karena rokok menyebabkan bahaya yang begitu besar”.

Keterangan di atas disadur dari artikel Dr. Erwandi Tarmidzi yang diterbitkan di Majalah Pengusaha Muslim edisi September 2011. Bagi Anda yang berminat mendapatkan rujukan aslinya, Anda bisa mengunjungi : shop.pengusahamuslim.com

Disamping tulisan di atas, terdapat ceramah menarik yang disampaikan Prof. Dr. Yunahar Ilyas (Ketua PP Muhammadiyah). Anda bisa download di:
http://www.mediafire.com/?395gm22cj0322yx
Allahu a’lam Description: Hukum Rokok Dalam Islam Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Hukum Rokok Dalam Islam
More about Hukum Rokok Dalam Islam

Makna Barokah

Diposting oleh Unknown



Barokah, (atau dalam istilah jawa sering disebut dengan berkat) adalah sebuah istilah yang bersumber dari ajaran Islam. Istilah barokah dalam nash Al-Qur’an dan Al-Hadits kerap dimasukkan pada beberapa permasalahan yang menyangkut pada kenikmatan; baik berupa makanan, harta benda maupun sebuah perbuatan meliputi pernikahan, belajar-mengajar mengajar, pekerjaan dan lain sebagainya.
Seiring berjalannya waktu, dan keilmuan Islam semakin enggan untuk dipelajari maka pemaknaan beberapa istilah dalam Islam semakin membias dan seolah sulit untuk didefinisikan. Sebagian orang yang tak mau berpikir panjang akan mengartikan beberapa istilah dalam Islam dengan apa yang didapatinya dalam keseharian, sementara yang ingin disebut dengan muslim yang intelek (berwawasan luas) beranjak menghimpun data dari literatur zaman dahulu dan digabungkannya lah beserta praktek di masyarakat, namun tetap mengabaikan rambu-rambu syariat. Kemudian dari keduanya apa yang akan terjadi? justru membuat Islam semakin jauh dari ajarannya.
Mengapa demikian? ya. Karena keduanya menempatkan hawa nafsu dan pemikiran mereka seolah lebih tinggi atau setara dibanding penjelasan yang Allah dan Rasulnya berikan melewati Al-Quran dan Al-Hadits. Akibatnya, perbuatan syirik merajalela disebabkan pemikiran mereka membolehkan memohon barokah dari sebuah telur yang dipecahkan dalam hajatan pernikahan, kembang tujuh rupa pemberi manfaat yang dikalungkan di leher pengantin pria, dan lain sebagainya. Atau justru akibatnya membuat orang mengecilkan makna barokah, penyebabnya hanyalah karena yang mereka ketahui barokah adalah satu porsi makanan yang lengkap dengan nasi dan lauk pauknya yang disebut‘berkatan’.
Untuk mengembalikan pembiasan makna tersebut, mari kita coba menilik arti kata ‘barokah’ dari asalnya.


MAKNA BAHASA
Dalam bahasa Arab, barokah bermakna tetapnya sesuatu, dan bisa juga mempunyai makna bertambah atau berkembangnya sesuatu an-namaa waz ziyaadah (النماء وازيادة)[1].
Maka untuk mendoakan seseorang agar mendapatkan barokah dikatakan at-tabriik (التبريك), sementara usaha mendapatkan barokah (ngalap barokah) dikatakan at-tabarruk  (التبرك)
Makna Istilah
Adapun makna barokah secara istilah (dalam Al Qur’an dan Al-Hadits) adalah langgengnya kebaikan, atau kadang pula barokah bermakna bertambahnya kebaikan dan suatu saat bisa bermakna kedua-duanya[2]. Sebagaimana do’a keberkahan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang sering kita baca saat tasyahud mengandung dua makna seperti yang disebut di atas.
Ibnul Qayyim rahimahullah berkata, “Maksud dari ucapan do’a “keberkahan kepada Muhammad dan keluarga Muhammad karena Engkau telah memberi keberkahan kepada keluarga Ibrahim. Do’a keberkahan ini mengandung arti pemberian kebaikan karena apa yang telah diberi pada keluarga Ibrahim. Maksud keberkahan tersebut adalah langgengnya kebaikan dan berlipat-lipatnya atau bertambahnya kebaikan. Inilah hakikat barokah”[3].
Ini berarti Barokah adalah kebaikan yang bersumber dari Allah, yang kebaikan itu dapat menjadi langgeng dan bahkan menambah kedekatan seorang yang diberi kepada Allah yang Maha Memberi.
Permasalahan seperti ini banyak kita dapati dalam masyarakat, dan mudah untuk dikenali. Misalkan dalam sebuah kasus harta kekayaan; suatu kekayaan yang diberikan kepada seseorang dan berbarokah akan menjadikan pemiliknya lebih dekat dengan Allah, ibadahnya semakin istiqomah dan semakin membaik.
Namun sebaliknya, jika kekayaan yang diberikan kepada seseorang adalah istidraj. Justru akan membuatnya semakin tamak dan semakin jauh dari Sang Pencipta. Allahu a’lam bish showab
terakhir, marilah kita berdoa kepada Allah agar kenikmatan yang telah diberikanNya berbarokah. dapat menetapkan langkah kita dalam ketaatan kepada Allah, atau bahkan dapat semakin mendekatkan kepadaNya. dan kita berlindung kepada Allah dari pemberian yang menjadi istidraj, dan semakin menjauhkan orang yang diberinya dari Allah Ta’ala…

—————————————————————————————–
foot notes:
[1] Mu’jam Maqoyisil Lughoh, Ibnu Faris, 1/227-228 dan 1/230. Dinukil dari At Tabaruk, Dr. Nashir bin ‘Abdurrahman  bin Muhammad Al Judai’, Maktabah Ar Rusyd Riyadh, 1411 H, hal. 25-26
[2] Dr. Nashir Al Judai’ dalam At Tabaruk, hal. 39
[3] Jalaul Afham fii Fadhlish Sholah ‘ala Muhammad Khoiril Anam, Ibnu Qayyim Al Jauziyah, Darul ‘Urubah Kuwait, cetakan kedua, 1407, hal. 308 Description: Makna Barokah Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Makna Barokah
More about Makna Barokah